Menahan Kantuk Saat Shalat
amit nyuwun tulung.menahan ngantuk pas sholat.sampek mak siuuut.ki biasane pas traweh.lha niku pripun nggih sholat lan wudlune?
jawaban
Pojok Apis Sanangondang apabila yg dimaksut maksiut itu ngantuk mka tdak membatalkan shalat
قوله وخرج بزوال العقل النعاس ) هو ريح لطيفة
تأتي من قبل الدماغ فتغطي العين ولا تصل إلى القلب فإن وصلت إليه كان
نوما ( قوله وأوائل نشوة السكر ) أي أوائل مقدمات السكر وهي بالواو على
الأفصح بخلاف نشأة الصبا
فإنها بالهمزة لا غير ( قوله فلا نقض بهما ) أي بالنعاس وأوائل نشوة السكر
وذلك لبقاء نوع من التمييز معهما ( قوله كما إذا شك إلخ ) أي فإنه لا نقض
به وقوله أو نعس قال في شرح الروض بفتح العين ( قوله وإن لم يفهمه ) الواو
للحال وإن زائدة أي والحال أنه لم يفهمه
قوله وخرج بزوال العقل النعاس ) هو ريح لطيفة
تأتي من قبل الدماغ فتغطي العين ولا تصل إلى القلب فإن وصلت إليه كان
نوما ( قوله وأوائل نشوة السكر ) أي أوائل مقدمات السكر وهي بالواو على
الأفصح بخلاف نشأة الصبا
فإنها بالهمزة لا غير ( قوله فلا نقض بهما ) أي بالنعاس وأوائل نشوة السكر
وذلك لبقاء نوع من التمييز معهما ( قوله كما إذا شك إلخ ) أي فإنه لا نقض
به وقوله أو نعس قال في شرح الروض بفتح العين ( قوله وإن لم يفهمه ) الواو
للحال وإن زائدة أي والحال أنه لم يفهمه
Pojok Apis Sanangondang namun apabila tidur, maka hukumnya diperinci begini:
Bila tidur dalam shalatnya dalam posisi duduk dengan menetapkan pantatnya maka tidak membatalkan
wudhu, bila tidak dalam posisi tersebut (seperti saat berdiri, rukuk,
sujud) maka menurut Qaul JADID dan pendapat yang benar membatalkan wudhunya.
وان نام راكعا أو ساجدا أو قائما في الصلاة ففيه قولان قال في
الجديد ينتقض لحديث علي رضي الله عنه ولانه نام زائلا عن مستوى الجلوس
فاشبه المضطجع وقال في القديم لا ينتقض لقوله صلى الله عليه وسلم (إذا نام
العبد في صلاته باهى الله به ملائكته يقول عبدي روحه عندي وجسده ساجدا بين
يدى) فلو انتقض وضوءه لما جعله ساجدا...(الرابعة)
في الاحكام وحاصل المنقول في النوم خمسة اقوال للشافعي الصحيح منها من حيث
المذهب ونصه في كتبه ونقل الاصحاب والدليل انه ان نام ممكنا مقعده من
الارض أو نحوها لم ينتقض وان لم يكن ممكنا انتقض علي أي هيئة كان في الصلاة
وغيرها: والثاني انه ينقض بكل حال وهذا نصه في البويطي: والثالث ان نام في
الصلاة لم ينتقض على أي هيئة كان وان نام في غيرها غير ممكن مقعده انتقض
والا فلا وهذه الاقوال ذكرها المصنف: والرابع ان نام ممكنا أو غير ممكن وهو
على هيئة من هيئات الصلاة سواء كان في الصلاة أو في غيرها لم ينتقض والا
انتقض: والخامس ان نام ممكنا أو قائما لم ينتقض والا انتقض حكى هذين
القولين الرافعي وغيره وحكي اولهما القفال في شرح التلخيص والصواب القول
الاول من الخمسة وما سواه ليس بشئ
Bila seseorang tidur dalam keadaan ruku’, sujud atau berdiri dalam shalat maka terdapat dua pendapat :
1. Qaul JADID menyatakan batal wudhunya berdasarkan
hadits riwayat Ali ra dan karena ia tidur bergeser dari posisi selain
duduk maka disamakan dengan tidur dalam keadaan berbaring
2. Qaul QADIM menyatakan tidak batal wudhunya berdasarkan hadits “Bila seorang hamba tidur dalam shalatnya, Allah memperingatkan malaikatNya seraya berkata : Ruh hambaKu ada pada-Ku dan jasadnya sujud dihadapanKu” Bila wudhunya dinyatakan batal niscaya tidak Allah nyatakan sujud dihadapanNya...
4. Kesimpulan hukum yang terjadi dalam masalah TIDUR terdapat beberapa penrnyataan milik as-Syafi’i :
1. Tidur dengan posisi menetapkan pantatnya pada tanah atau sejenisnya tidak membatalkan shalat, bila tidak menetapkan maka membatalkan disetiap kondisi, dalam shalat atau diluar shalat
2. Membatalkan wudhu disetiap posisi dan kondisi, ini yang jadikan hukum oleh al-Buwaythy
3. Tidur dalam kondisi shalat tidak membatalkan wudhu disetiap posisi apapun, tidur diluar shalat bila dalam posisi menetapkan pantatnya tidak membatalkan wudhu, bila tidak maka batal
4. Tidur dalam posisi-posisi shalat baik menetapkan pantat atau tidak dalam kondisi shalat atau tidak maka tidak membatalkan wudhu
5. Tidur dalam posisi menetapkan pantat atau berdiri tidak membatalkan wudhu, bila tidak dalam kedua posisi ini membatalkan.
Pendapat yang ke 4 dan 5 adalah pendapat yang dihikayahkan oleh ar-Rafi’i dan lainnya sedang pendapat yang ke 2 dan 3 dihikayahkan oleh al-Qaffaal dalam kitab Syarh at-Talkhiish.Pendapat yang benar dari kelima diatas adalah pendapat pertama sedang selainnya bukanlah sesuatu.
Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab II/13-14.
Bila tidur dalam shalatnya dalam posisi duduk dengan menetapkan pantatnya maka tidak membatalkan
wudhu, bila tidak dalam posisi tersebut (seperti saat berdiri, rukuk,
sujud) maka menurut Qaul JADID dan pendapat yang benar membatalkan wudhunya.
وان نام راكعا أو ساجدا أو قائما في الصلاة ففيه قولان قال في
الجديد ينتقض لحديث علي رضي الله عنه ولانه نام زائلا عن مستوى الجلوس
فاشبه المضطجع وقال في القديم لا ينتقض لقوله صلى الله عليه وسلم (إذا نام
العبد في صلاته باهى الله به ملائكته يقول عبدي روحه عندي وجسده ساجدا بين
يدى) فلو انتقض وضوءه لما جعله ساجدا...(الرابعة)
في الاحكام وحاصل المنقول في النوم خمسة اقوال للشافعي الصحيح منها من حيث
المذهب ونصه في كتبه ونقل الاصحاب والدليل انه ان نام ممكنا مقعده من
الارض أو نحوها لم ينتقض وان لم يكن ممكنا انتقض علي أي هيئة كان في الصلاة
وغيرها: والثاني انه ينقض بكل حال وهذا نصه في البويطي: والثالث ان نام في
الصلاة لم ينتقض على أي هيئة كان وان نام في غيرها غير ممكن مقعده انتقض
والا فلا وهذه الاقوال ذكرها المصنف: والرابع ان نام ممكنا أو غير ممكن وهو
على هيئة من هيئات الصلاة سواء كان في الصلاة أو في غيرها لم ينتقض والا
انتقض: والخامس ان نام ممكنا أو قائما لم ينتقض والا انتقض حكى هذين
القولين الرافعي وغيره وحكي اولهما القفال في شرح التلخيص والصواب القول
الاول من الخمسة وما سواه ليس بشئ
Bila seseorang tidur dalam keadaan ruku’, sujud atau berdiri dalam shalat maka terdapat dua pendapat :
1. Qaul JADID menyatakan batal wudhunya berdasarkan
hadits riwayat Ali ra dan karena ia tidur bergeser dari posisi selain
duduk maka disamakan dengan tidur dalam keadaan berbaring
2. Qaul QADIM menyatakan tidak batal wudhunya berdasarkan hadits “Bila seorang hamba tidur dalam shalatnya, Allah memperingatkan malaikatNya seraya berkata : Ruh hambaKu ada pada-Ku dan jasadnya sujud dihadapanKu” Bila wudhunya dinyatakan batal niscaya tidak Allah nyatakan sujud dihadapanNya...
4. Kesimpulan hukum yang terjadi dalam masalah TIDUR terdapat beberapa penrnyataan milik as-Syafi’i :
1. Tidur dengan posisi menetapkan pantatnya pada tanah atau sejenisnya tidak membatalkan shalat, bila tidak menetapkan maka membatalkan disetiap kondisi, dalam shalat atau diluar shalat
2. Membatalkan wudhu disetiap posisi dan kondisi, ini yang jadikan hukum oleh al-Buwaythy
3. Tidur dalam kondisi shalat tidak membatalkan wudhu disetiap posisi apapun, tidur diluar shalat bila dalam posisi menetapkan pantatnya tidak membatalkan wudhu, bila tidak maka batal
4. Tidur dalam posisi-posisi shalat baik menetapkan pantat atau tidak dalam kondisi shalat atau tidak maka tidak membatalkan wudhu
5. Tidur dalam posisi menetapkan pantat atau berdiri tidak membatalkan wudhu, bila tidak dalam kedua posisi ini membatalkan.
Pendapat yang ke 4 dan 5 adalah pendapat yang dihikayahkan oleh ar-Rafi’i dan lainnya sedang pendapat yang ke 2 dan 3 dihikayahkan oleh al-Qaffaal dalam kitab Syarh at-Talkhiish.Pendapat yang benar dari kelima diatas adalah pendapat pertama sedang selainnya bukanlah sesuatu.
Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab II/13-14.
Advertisement
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER
Delivered by FeedBurner
EmoticonEmoticon