Monday, 19 January 2015

Hukum Pacaran Dan Maksud Zina hati

Assalamualaikum..
Selamat pagi untuk semua..
Bagaimana pendapat anda tentang berpacaran? Padahal, dlm islam hkum tsb tdk ada. Dan merupakan bit'ah..
Mhon pndapatnya 




  • A'ank Itw Anggoro Setyono "wa laa taqrabuzzinaa innahuu kaana faa khisatan, wasaa'a sabiilaa"... ~& jgnlah kamu mndekati zina! ssungguhny zina itu adl suatu prbuatn keji & suatu jln yg buruk.(al-izra' ayat 32 ).

    #dah jls tu low namany pcran tu mndekati zina. jngnkn pcrn. mlht yg bkn mukhram aj qt hrus sgra brpaling muka,aplgi mnyentuh. suara cew aj trmsuk aurat lho, sdg pcrn psti ngbrol ksna kmri. low ad yg bilng "pcran islami"....huuuhhh tu sih cma kosa kata baru/akal2n org2 yg hrusny tau hkum tp tdk bsa mmbatasi diri dri larangan Allah tp tdk mau ds
     
    Ighfir Lana Robby
    Kalau dilihat dari hukum Islam, pacaran yang dilakukan oleh anak-anak sekarang adalah haram. Mengapa haram?
    Karena pacaran itu akan membawa kepada perzinahan dimana zina adalah termasuk dosa besar, dan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Oleh karena itu ayatnya berbunyi sebagaimana yang dikutip di awal tulisan ini. Ayat tersebut tidak mengatakan jangan berzina, tetapi jangan mendekati zina, mengapa demikian ? Karena biasanya orang yang berzina itu tidak langsung, tetapi melalui tahapan-tahapan seperti : saling memandang, berkenalan, bercumbu kemudian baru berbuat zina yang terkutuk itu.
     
     
    Wong Gendeng Waalaikum salam wr wb

    islam tidak membenarkan adanya pacaran sedangkan konsep islam dalam mengatur hubungan antara hubungan remaja yang sedaqng jatuh cinta dan benar benar telah berkeinginan untuk menikah adalah di sunnahkan segera menikah apabila sudah berhasrat serta calon suami mampu membayar mahar dan menafkahi. sedangkan prosedur yang di benarkan bagi laki laki yang sunggu sungguh berkeinginan meminang seorang wanita untuk lebih mengenal dan mengetahui karakternya
    1. dg mengirim utusan untuk menyelidiki masing masing pasangannya, dg syarat utusan tsb harusxadil dan di percaya dan juga 1 mahram atau satu jenis dg calon yg di selidiki
    2. berbincang bincang atau duduk bersama namun harus di sertai mahrom
    3. sebatas melihat wajah dan telapak tangan saja
    4. tidak ada keraguan atau prasangka bahwa lamarannya akan di tolak

    وَاحْتَجَّ لِذَلِكَ [بِقَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُغِيرَةِ وَقَدْ خَطَبَ امْرَأَةً: اُنْظُرْ إلَيْهَا فَإِنَّهُ أَحْرَى أَنْ يُؤْدَمَ بَيْنَكُمَا] أَيْ أَنْ تَدُومَ بَيْنَكُمَا الْمَوَدَّةُ وَالأُلْفَةُ رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ وَقِيسَ بِمَا فِيهِ عَكْسُهُ, وَإِنَّمَا اُعْتُبِرَ ذَلِكَ بَعْدَ الْقَصْدِ ; لأَنَّهُ لا حَاجَةَ إلَيْهِ قَبْلَهُ وَمُرَادُهُ بِخَطَبَ فِي الْخَبَرِ عَزَمَ عَلَى خِطْبَتِهَا لِخَبَرِ أَبِي دَاوُد وَغَيْرِهِ [إذَا أُلْقِيَ فِي قَلْبِ امْرِئٍ خِطْبَةُ امْرَأَةٍ فَلا بَأْسَ أَنْ يَنْظُرَ إلَيْهَا] وَأَمَّا اعْتِبَارُهُ قَبْلَ الْخِطْبَةِ فَلأَنَّهُ لَوْ كَانَ بَعْدَهَا لَرُبَّمَا أَعْرَضَ عَنْ مَنْظُورِهِ فَيُؤْذِيهِ

    قَوْلُهُ: عَزَمَ عَلَى خِطْبَتِهَا) أَيْ وَإِنْ كَانَتْ خِطْبَتُهَا حِينَئِذٍ غَيْرَ جَائِزَةٍ بِأَنْ كَانَتْ مُعْتَدَّةً فَيَجُوزُ لَهُ الآنَ نَظَرُ الْمُعْتَدَّةِ لِخِطْبَتِهَا بَعْدَ الْعِدَّةِ, وَإِنْ كَانَ بِإِذْنِهَا أَوْ عِلْمِهَا بِأَنَّهُ لِرَغْبَتِهِ فِي نِكَاحِهَا ثُمَّ رَأَيْت فِي شَرْحِ الإِرْشَادِ الصَّغِيرِ وَلا بُدَّ فِي حِلِّ النَّظَرِ مِنْ تَيَقُّنِ خُلُوِّهَا مِنْ نِكَاحٍ وَعِدَّةٍ وَخِطْبَةٍ وَمِنْ أَنْ يَغْلِبَ عَلَى ظَنِّهِ أَنَّهُ يُجَابُ وَمِنْ أَنْ يَرْغَبَ فِي نِكَاحِهَا ا هـ. وَمِثْلُهُ فِي شَرْحِ شَيْخِنَا لَكِنْ قَيَّدَ الْعِدَّةَ بِكَوْنِهَا تُحَرِّمُ التَّعْرِيضَ

    (فتح المعين بهامش اعانة الطالبين ج 3 ص 298)

    و)سن(نظر كل)من الزوجين بعد العزم علي النكاح وقبل الخطبة (الاخر غير عورة) مقررة في شروط الصلاة فينظر من الحرة وجهها ليعرف جمالها وكفيها ظهرا وبطنا ليعرف خصوبة بدنها وممن بها رق ما عدا ما بين السرة والركبة وهما ينظران منه ذالك ولا بد في حل النظر من تيقنه خلوها من النكاح وعدة وان لا يغلب علي ظنه انه لا يجاب

    اعانة الطا لبين ج 3 ص 298

    قولـه: بعد العزم على النكاح) متعلق بسن أو بنظر. وخرج به ما إذا كان قبل العزم فلا يسن، بل يحرم لأنه لا حاجة إليه قبلـه (قولـه: وقبل الخطبة) خرج به ما إذا كان بعدها فلا يسن النظر. نعم، يجوز، كما في التحفة، ونصها: وظاهر كلامهم انه لا يندب النظر بعد الخطبة لأنه قد يعرض فتتأذى هي أو أهلـها وأنه مع ذلك يجوز لأن فيه مصلحة أيضاً، فما قيل يحتمل حرمته لأن إذن الشارع لم يقع إلا فيما قبل الخطبة يردّ بأن الخبر مصرّح بجوازه بعدها فبطل حصره، وإنما أوّلوه بالنسبة للأولوية، لا الجواز، كما هو واضح. اهــــ

    اعانة الطالبين ج 3 ص 299

    قولـه: فينظر من الحرّة وجهها الخ) أي ولو بشهوة أو خوف فتنة، كما قالـه الإِمام والروياني ، وإن قال الأذرعي في جواز نظره بشهوة نظر، والمعتمد الجواز، ولو بشهوة، ولـه تكريره إن احتاج إليه
     

NA Kami NerashUke hukum pacaran dlam kitab kuning bisa disimpulkan haram dg memandang 2 unsur:
1. kholwah, yaitu berduaan antara lelaki dan perempuan ajnabiah. hkum kholwah adalah haram
2. fitnah, yaitu zina dan muqodimah2nya(hal2 yg bsa mnyebabkan zina) spt memandang, menyentuh dan mencium. fitnah yg terjadi antra lelaki dn wanita itu haram hukumnya
jadi kalo yg dmaksud pacaran itu ada 2 unsur diatas maka haram, tp kalo tk ada unsur diatas maka boleh

6. حاشية البجيرمي على المنهج الجزء الثالث صحـ 328
وضابط الخلوة اجتماع لا تؤمن معه الريبة عادة بخلاف ما لو قطع بانتفائها عادة فلا يعد خلوة ع ش على م ر من كتاب العدد
7. القاموس الفقهي الجزء الأول صحـ 122
الخلوة مكان الانفراد بالنفس أو بغيرها شرعا أن يخلو الرجل بامرأته على وجه لا يمنع من الوطء من جهة العقل كحضور أحد من الناس أو من جهة الشرع كمسجد

توشيح على ابن قاسم ص: 197
والفتنة ميل النفس ودعاؤها إلى الجماع أو مقدماته والشهوة هو أن يلتذ بالنظر.
8. فتح الباري الجزء الثالث ص: 3
الفتنة وقال غيره أصل الفتنة الاختبار ثم استعمل فيما أخرجته المحنة والاختبار إلى المكروه على كل مكروه أو آيل إليه كالكفر والإثم والتحريق وأفضيحة والفجور وغير ذلك.
9. الفتاوي الكبرى لبن حجر الجزء الأول ص: 203
والمراد بالفتنة الزنا ومقدماتها من النظر والخلوة واللمس وغير ذلك


Mufadila Maylani Harasica Fibiani NA kami@ lalu, bagaimana jika dengan zina hati sprti yg dipaparkan diatas?

NA Kami NerashUke klo melihat hadits2 dbawah ini, mka trnyata stiap organ tubuh kita sngat mngkin untuk melakukan zina, trmasuk zina hati

- Dalam shohih bukhori,demikian

ﺍﻟْﻌَﻴْﻦُ ﺗَﺰْﻧِﻲ، ﻭَﺍﻟْﻘَﻠْﺐُ ﻳَﺰْﻧِﻲ، ﻓَﺰِﻧَﺎ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦِ ﺍﻟﻨَّﻈَﺮُ، ﻭَﺯِﻧَﺎ
ﺍﻟْﻘَﻠْﺐِ ﺍﻟﺘَّﻤَﻨِّﻲ، ﻭَﺍﻟْﻔَﺮْﺝُ ﻳُﺼَﺪِّﻕُ ﻣَﺎ ﻫُﻨَﺎﻟِﻚَ ﺃَﻭْ
ﻳُﻜَﺬِّﺑُﻪُ


“Mata itu berzina, hati
juga berzina. Zina mata dengan melihat (yang diharamkan), zina hati
dengan membayangkan (pemicu syahwat yang terlarang). Sementara kemaluan
membenarkan atau mendustakan semua itu.”

(HR. Ahmad)

- Syarah 'Uquudul lujain

(وَقَالَ
صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُتِبَ عَلَىَ ابْنِ آدَمَ) أي قضى عليه
وأثبت في اللوح المحفوظ (نَصِيبُهُ مِنَ الزّنَا) أي مقدماته كما نقله
العزيزي عن المناوي (مُدْرِكٌ) أي فهو مدرك (ذَلِكَ) أي ما كتب عليه (لاَ
مَحَالَةَ) بفتح الميم أي لا بد ولا شك (فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا
النّظَرُ) إلى ما لا يحل (وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ) إلى ما
لا ينبغى شرعا (وَاللّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ) بما لا ينفع دنيا ولا
دينا (وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ) أي القهر والأخذ بالعنف (وَالرّجْلُ
زِنَاهَا الْخُطَا) بضم الخاء المعجمة أي نقل الأقدام إلى مل لا يحل
(وَالْقَلْبُ يَهْوَى) بفتح الواو أي يحبّ (وَيَتَمَنَّى) مالايحل
(وَيُصَدّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ أَوْ يُكَذّبُه) أي بالإتيان بما < ص 17
> هو المقصود من ذلك، أو بالترك. رواه مسلم عن أبي هريرة.

Rosulullah
SAW bersabda : Telah di tetapkan atas bani adam,jika tertulis di lauhil
mahfudz ia berzina,maka itu akan terjadi,pasti !
Zina kedua mata
adalah melihat pada hal yang tidak halal baginya,Zina kedua kuping
adalah ketika diperdengarkan pada hal yang tak sepantasnya di dengar
menurut syara' ,Zina lisan adalah digunakan untuk mengatakan sesuatu
yang tidak ada manfaatnya bagi dunia dan agamanya,Zina tangan adalah
merebut paksa ,Zina kaki adalah digunakan untuk melangkah/berjalan
menuju tempat yang tidak halal baginya,Dan hati ketika ditumpangi
syahwat dan berharap sesuatu yang tak halal,adakalanya farjinya ikut
membenarkan atau menganggap itu hanya dusta

وقال
عليه السلام: {لِكُلِّ ابْنِ آدَمَ حَظٌّ مِنَ الزِّنَا، فَالعَيْنَانِ
تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا النَظَرُ، وَاليَدَانِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا
البَطْشُ، وَالرِّجْلاَنِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا المَشْيُ، وَالفَمُ
يَزْنِيْ وَزِنَاهُ القُبْلَةُ، وَالْقَلْبُ يَهُمّ أَوْ يَتَمَنَّى
وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الفَرْجُ أَوْ يُكَذِّبَهُ} كذا في الإحياء.

Rosul
SAW bersabda : Pada setiap bani adam ada bagian dari zina.Kedua mata
berzina dan zina keduanya adalah melihat,Kedua tangan berzina dan zina
keduanya adalah merampas (mengambil paksa/tanpa hak).Kedua kaki berzina
dan zina keduanya adalah digunakan berjalan ketempat yang tak
halal.Mulut berzina dan zinanya adalah melakukan ciuman.
Dan hati berangan-angan atau mengharap/menghayalkan sesuatu yang tak halal baginya
 
 

Advertisement


EmoticonEmoticon