Monday, 19 January 2015

Membaca Al-Qur'an Pada HP, Tablet Dll

Assalamualaikum wr wb
gmn hukum membaca alquran tpi di dlam elektronik
msal nya dlam tablet, , kt hrus wudu dahulu /tidak pak yai

NA Kami NerashUke hal senada juga pernah di jawab dlm suatu forum dg rumusan khilaf(terjadi perbedaan pendapat) yaitu:

Software dan aplikasi Al Qur'an yang ada didalam komputer atau hape

tidak dikategorikan mushaf, karena tulisan yang berupa ayat- ayat al
qur'an yang nampak pada layar adalah pancaran sinar yang sifatnya tidak
tetap, bisa nampak dan hilang, sementara kriteria sesuatu benda dihukumi
mushaf apabila tulisan yang ada disitu tujuannya untuk dirasah
(belajar) dan berbentuk tulisan yang sifatnya tetap, selain itu pada
umumnya komputer, laptop atau hape berisi bermacam-macam file, sedangkan
software atau aplikasi qur'an filenya tidak terlalu besar, jadi
software atau aplikasi tersebut hanyalah bagian kecil dari file-file,
software-software dan aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau hape.

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Syekh Ahmad Asy-Syatiri dalam kitab
beliau "Syarah Al-Yaqutun Nafis", dalam pembahasan hukum membawa kaset
yang berisi rekaman bacaan al qur'an beliau menyatakanbahwa kaset
tersebut dihukumi seperti mushaf al qur'an, alasannya meskipun itu hanya
berisi suara yang tujuannya untuk didengar, bukan untuk dibaca tapi
intinya sama dengan al qur'an, dan menurut beliau pendapat ini adalah
pendapat yang ahwath (lebih berhgati-hati) Pemahaman yang diambil dari
keterangan beliau, jika kaset yang hanya berisi bacaan al qur'an saja
dihukumi mushaf apalagi software atau aplikasi yang ada tulisannya dan
memang ditujukan untuk dibaca.

Kesimpulannya, berdasarkan keputusan bahtsul masa'il software dan
aplikasi qur'an tidak dihukumi mushaf, sedangkan menurut Syekh Ahmad
Syathiri dihukumi mushaf. Jadi apabila kita mengikuti pendapat yang
menyatakan bahwa software dan aplikasi
tersebut tidak dihukumi mushaf
maka bagi orang yang sedang berhadats diperbolehkan memegang dan
membawa laptop atau hape yang sudah diinstal software atau aplikasi
qur'an didalamnya tanpa diharuskan wudhu atau mandi besar terlebih
dahulu. Wallohu a'lam.

Referensi :
1. Nihayatuz Zain, Hal : 32
2. Al Bujairami Alal Khotib, Juz : 3 Hal : 498
3. Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 124
4. Al Islam Su'al Wal Jawab, Fatwa no. 106961 http://islamqa.info/ar/ref/106961
5. Syarah Al Yaqutun Nafis, Hal : 82-83

نهاية الزين : ص ٣٢
ورابها: مس المصحف ولو بحائل ثخين حيث عد ماسا له
عرفا، والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود
أوجدار كتب عليه شيئ من القرآن للدراسة فيحرم مع الحدثحينئذ سواء

حاشية البجيرمي على الخطيب : ج٣/ص٤٩٨
وقوله "كتابة" وضابط المكتوب عليه
كل ما ثبت عليه الخط كرق وثوب سواء كتب بحبر أونحوه ونقر صور الأحرف فى حجر
أو خشب أوخطها على الأرض، فلو رسم صورتحا فى هواء أو فى ماء فليس كتابة فى
الطضهب كما قاله الزيادي

نها ية المحتاج : ج١/ص ١٢٤
وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف
القرآن من ورق وقماش فلايحرم مسه، وينبغي أن يكون بحيث يعد لوحا للقرآن
عرفا، فلو كبر جدا كباب عظيم فالوجه عدم حرمة مس الخالي منه عن القرآن
ويحتمل أن حمله كحمل المصحف فى أمتعة

الإسلام سؤال وجواب، رقم الفتوى: ١٠٦٩٦١
قراءة القرآن من الجوال هل يشترط لها الطهارة؟

السؤال: يوجد فى بعض الجوالات برامج للقرآن تستطيع أن تتصفح منها القرآن فى
أي وقت على شاشة الجوال، فهل يلزم قبل القراءة من الجوال الطهارة؟

الجواب: الحمد لله، هذه الجوالات التي وضع فيها القرآن كتابة أو تسجيلا،
لاتأخذ حكم المصحف، فيجوز لمسها من غير طهارة ويجوز دخول الخلاء بها، وذلك
لأن كتابة القرآن فى الجوال ليس ككتابته فى المصاحف، فهي ذبذبات تعرض ثم
تزول وليس حروفا ثابتة، والجوال تشتمل على القرآن وغيره
http://islamqa.info/ar/106961

شرح الياقوت النفيس في مذهب ابن إدريس : ص 82
حكم حمل المسجل على الأشرطة :
ظهر
حديثا في الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرآن الكريم بأمله، يتكون
المصحف من عشرين شريطا تقريبا، فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب؟
الذي
أرى : أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط، وعلى هذا
فسيكون له حكم المصحف، وقد قامت بعض الجمعيات في مصر بتسجيل هذا المصحف
بقراءات موجودة وأصوات جميلة على أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت، وتسمى
مصحفا، وأعتقد أن له حكم المصحف، والأحوط للمسلم أن يحتاط.

فإن قيل : إن المسجل هذا إنما هو صدى وقد سجل للسماع لاللقراءة؟ إنه فعلا
صدى، ولكنا لونظرنا إلى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام وقد حصل به.

ولبعض الفقهاء أقوال تعبر عن آرائهم ومفاهيمهم، وليس من الضروري قبولها،
كقولهم : لو نظر إنسان إلى صورة امرأة في مرآة فيجوز له النظر إليها، لأنها
ليست المرأة الحقيقة التي ينظر إليها، إنما ينظر إلى الصورة في المرآة حتى
لوكانت عارية، فمثل هذا الكلام فيه نظر، ومن الصعب على النفس تقبله
Kitab Kuning Menjawab

Advertisement


EmoticonEmoticon