Makmum Menjawab Alaihima Salam Ketika Imam Membaca Nama Nabi
Ketika
imam membaca ayat صحف ابراهيم وموسى trus makmum jwab عليه السلام itu
hukumnya bgmn..tlong pnjelasannya beserta ibarohnya..suwun..
wa'alaikumsalaam mas bagoes
pd akhir surat al a' la صحف إبراهيم وموسى, makmum mmbaca عَلَيْهِمَا السَّلاَمُ masih trdapat khilaf diantara para ulama.
ibarot..
Hamisy bughiyatul musytarsidin hal 18
(مسألة) متى ذكر نبينا أو غيره من الأنبياء فى آية سنت الصلاة عليه فى الأقرب كما فىالعباب بالنسبة لنبينا, ويلحق به إخوانه فى ذلك, لكن صيغة الصلاة المطلوبة" كصلى
الله عليه" أو" عليهما" أو" عليهم" لا" اللهم صلى على محمد" للخلاف فى
بطلان الصلاة بنقل ركن قولى كمن فى التحفة والنهاية عدم السن وحمله فى الإيعاب على الإتيان بما هو على صورة الركن. إهـ
(Masalah):
Kapan disebut nama nabi kita atau selainnya dari nabi-nabi pada suatu
ayat maka disunahkan membaca shalawat atasnya sebagaimana pada al-I’ab
ditinjau dari nabi kita, dan disamakan dengan nabi kita saudara-saudara
beliau dalam masalah membaca shalawat. Akan tetapi lafadz shalawat yang
dituntut adalah seperti صلى الله عليه) atau (عليهما) atau (عليهم) tidak (اللهم صلى على محمد)karena
ada perbedaan pendapat dalam masalah batalnya shalat dengan adanya
memindah rukun qauly (rukun yang berupa ucapan) sebagaimana dalam kitab
Tuhfah, Nihayah…………….
Busyrol karim juz I hal 8
ونقله سم عنه وسلطان عن الأنوار: واقراه وعليه, فتندب الصلاة على الأنبياء عند ذكرهم كما فى" صحف إبراهيم
وموسى".
وأن أتى بلإسم الظاهر إذ الصلاة على غير نبينا صلى الله عليه وسلم ليست
ركنا, لكن فى التحفة والنهاية أنها لاتسن وحمله فى الإيعاب على الإتيان بما
هو على صورة الركن.
Imam ibnu qosim dan sulton menuqil dan menetapkannya dalam kitab alanwar: bahwasannya disunnahkan membaca sholawat kepada nabi-nabi ketika menyebut mereka seperti ketika mebaca “shuhufi ibrohima wamusa” dan
hendaknya mengucapkan dengan isim dhohir karena membaca sholawat kepada
selain nabi kita (Muhammad) bukan termasuk rukun, tetapi keterangan
yang berada pada kitab tuhfah mengatakan, membaca sholawat tidak
disunnahkan.yang demikian dalam kitab al I’ab di maksudkan pada sholawat
yang bacaannya menyerupai bacaan rukun.
وأخرج أبو داود والترمذى حديث: "من قراء والتين والزيتون فانتهى إلى آخرها فلبقل بلى وإنا على ذلك من الشاهدين".( الإتقان جزء ١ص۱۰٦). Riwayat
abu daud dan turmudi hadist;barang siapa yang membaca surat watini
wazaitun sampai selesai maka bacalah; bala wa ana ala zdalika
minasyahidin(al itqon /1/106)i
pd akhir surat al a' la صحف إبراهيم وموسى, makmum mmbaca عَلَيْهِمَا السَّلاَمُ masih trdapat khilaf diantara para ulama.
ibarot..
Hamisy bughiyatul musytarsidin hal 18
(مسألة) متى ذكر نبينا أو غيره من الأنبياء فى آية سنت الصلاة عليه فى الأقرب كما فىالعباب بالنسبة لنبينا, ويلحق به إخوانه فى ذلك, لكن صيغة الصلاة المطلوبة" كصلى
الله عليه" أو" عليهما" أو" عليهم" لا" اللهم صلى على محمد" للخلاف فى
بطلان الصلاة بنقل ركن قولى كمن فى التحفة والنهاية عدم السن وحمله فى الإيعاب على الإتيان بما هو على صورة الركن. إهـ
(Masalah):
Kapan disebut nama nabi kita atau selainnya dari nabi-nabi pada suatu
ayat maka disunahkan membaca shalawat atasnya sebagaimana pada al-I’ab
ditinjau dari nabi kita, dan disamakan dengan nabi kita saudara-saudara
beliau dalam masalah membaca shalawat. Akan tetapi lafadz shalawat yang
dituntut adalah seperti صلى الله عليه) atau (عليهما) atau (عليهم) tidak (اللهم صلى على محمد)karena
ada perbedaan pendapat dalam masalah batalnya shalat dengan adanya
memindah rukun qauly (rukun yang berupa ucapan) sebagaimana dalam kitab
Tuhfah, Nihayah…………….
Busyrol karim juz I hal 8
ونقله سم عنه وسلطان عن الأنوار: واقراه وعليه, فتندب الصلاة على الأنبياء عند ذكرهم كما فى" صحف إبراهيم
وموسى".
وأن أتى بلإسم الظاهر إذ الصلاة على غير نبينا صلى الله عليه وسلم ليست
ركنا, لكن فى التحفة والنهاية أنها لاتسن وحمله فى الإيعاب على الإتيان بما
هو على صورة الركن.
Imam ibnu qosim dan sulton menuqil dan menetapkannya dalam kitab alanwar: bahwasannya disunnahkan membaca sholawat kepada nabi-nabi ketika menyebut mereka seperti ketika mebaca “shuhufi ibrohima wamusa” dan
hendaknya mengucapkan dengan isim dhohir karena membaca sholawat kepada
selain nabi kita (Muhammad) bukan termasuk rukun, tetapi keterangan
yang berada pada kitab tuhfah mengatakan, membaca sholawat tidak
disunnahkan.yang demikian dalam kitab al I’ab di maksudkan pada sholawat
yang bacaannya menyerupai bacaan rukun.
وأخرج أبو داود والترمذى حديث: "من قراء والتين والزيتون فانتهى إلى آخرها فلبقل بلى وإنا على ذلك من الشاهدين".( الإتقان جزء ١ص۱۰٦). Riwayat
abu daud dan turmudi hadist;barang siapa yang membaca surat watini
wazaitun sampai selesai maka bacalah; bala wa ana ala zdalika
minasyahidin(al itqon /1/106)i
EmoticonEmoticon