Monday, 19 January 2015

Menahan kentut dalam Shalat, Sarung Bolong dan Menahan Tawa Dalam Shalat

Assalamualaikum, gmn sobat KKM menanggapi ttng ini. Menahan kentut saat sholat, Trus waktu sujud sarung bgian blakang sobek kira2 30cm. Sbagian makmum ada yg menahan tawa. Sholatnya sah atau tdk ya. Mhn bimbinganya. Bru blajar jd imam sholat Pak. Ustad.

Polem Useuman wa'alaikumsalam.
menahan kentut ketika hendak shalat adalah makruh,namun diketika sudah memulai shalat,maka wajib menahan kentut.

sarung sobek tidak mengapa,dg catatan,tidak nampak aurat.brarti kalo sobeknya 30cm jika ada clana panjang, di dalam maka tidak batal,kalo langsung nampak kulit maka batal.





Pojok Apis Sanangondang intinya ada 3 pertanyaan
1. hukum nahan kentut waktu shalat
2. hukum pakaian bolong 30 cm waktu shalat
3. hukum menahan ketawa saat shalat


Pojok Apis Sanangondang 1.

Hukum Menahan kentut Makruh, jika hendak melakukan shalat. Apabila
dalam keadaan shalat, menahan kentut hukumnya wajib, karena
membatalkan fardlu hukumnya haram.
Referensi:
فتح المعين هامش إعانة الطالبين الجزء 1 صحـ : 226 مكتبة دار الفكر)
(وَ) كُرِهَ (صَلاَةٌ بِمُدَافَعَةِ حَدَثٍ) كَبَوْلٍ وَغَائِطٍ وَرِيْحٍ
لِلْخَبَرِ اْلآتِيْ
وَِلأَنَّهَا تُخِلُّ
بِالْخُشُوْعِ بَلْ قَالَ جَمْعٌ
إِنْ ذَهَبَ بِهَا بَطَلَتْ وَيُسَنُّ لَهُ تَفْرِيْغُ نَفْسِهِ قَبْلَ الصَّلاَةِ وَإِنْ فَاتَتِ الْجَمَاعَةُ وَلَيْسَ لَهُ الْخُرُوْجُ مِنَ الْفَرْضِ إِذَا طَرَأَتْ لَهُ فِيْهِ وَلاَ
تَأْخِيْرُهُ إِذَا ضَاقَ
وَقْتُهُ وَالْعِبْرَةُ فِي
كَرَاهَةِ ذَلِكَ بِوُجُوْدِهَا
عِنْدَ التَّحَرُّمِ
.وَيَنْبَغِيْ أَنْ يُلْحَقَ بِهِ
مَا لَوْ عَرَضَتْ لَهُ قَبْلَ التَّحَرُّمِ فَزَالَتْ وَعَلِمَ مِنْ عَادَتِهِ أَنَّهَا
تَعُوْدُ إِلَيْهِ فِي الصَّلاَةِ
(قَوْلُهُ بَلْ قَالَ جَمْعٌ إِلَخْ) عِبَارَةُ الْمُغْنِيْ وَنَقَلَ عَنِ الْقَاضِي حُسَيْنٍ أَنَّهُ قَالَ
إِذَا انْتَهَى بِهِ مُدَافَعَةُ
اْلاَخْبَثَيْنِ إِلَى أَنْ يَذْهَبَ
خُشُوعُهُ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ اهـ


Pojok Apis Sanangondang 2. 30 cm menurut saya sdah bukan lobang kecil lagi, krna kriteria lobang yg tdk mmbatalkan shalat ialah :
Apabila lubang tersebut menampakkan warna kulit yg termasuk aurat dan bisa
dilihat sekilas oleh mata orang yg normal saat berhadapan . Sedangkan apabila lubang tersebut terlihat karena memang
dilihat dari jarak yg sangat dekat dan dperhatikan dg teliti dan seksama, maka lubang tersebut tidak dianggap dan shalatnya tetap sah.
REFERENSI:
ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ - ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ - ﺝ ١ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٣٤ : ﻭﺛﺎﻟﺜﻬﺎ
ﺳﺘﺮ ﺭﺟﻞ ﻭﺍﻣﺔ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺳﺮﺓ ﻭﺭﻛﺒﺔ ﻭﺳﺘﺮ ﺣﺮﺓ ﻭﻟﻮ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﻏﻴﺮ ﻭﺟﻪ ﻭﻛﻔﻴﻦ ﺑﻤﺎ ﻻ
ﻳﺼﻒ ﻟﻮﻧﺎ ﺍﻯ ﻟﻮﻥ ﺍﻟﺒﺸﺮﺓ ﻓﻰ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﺘﺨﺎﻃﺐ ﻛﺬﺍ ﺿﺒﻂ ﺑﺬﻟﻚ ﺍﺣﻤﺪ ﺍﺑﻦ ﻣﻮﺳﻰ ﺍﺑﻦ
ﻋﺠﻴﻞ. _______________
ﻗﻮﻟﻪ:
ﺑﻤﺎ ﻻ ﻳﺼﻒ ﻟﻮﻧﺎ. ﻣﺘﻌﻠﻖ ﺑﺴﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻠﺮﺟﻞ ﻭﺍﻷﻣﺔ ﻭﺍﻟﺤﺮﺓ، ﺃﻱ ﻳﺠﺐ
ﺳﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺑﻤﺎ - ﺃﻱ ﺑﺠﺮﻡ - ﻳﻤﻨﻊ ﺇﺩﺭﺍﻙ ﻟﻮﻧﻬﺎ ﻟﻤﻌﺘﺪﻝ ﺍﻟﺒﺼﺮ ﻋﺎﺩﺓ، ﻓﻼ ﻳﻜﻔﻲ
ﻣﺎ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﺫﻟﻚ ﻛﺰﺟﺎﺝ ﻭﻗﻒ ﻓﻴﻪ ﻭﻣﻬﻠﻬﻞ ﺍﻟﻨﺴﺞ، ﻭﻻ ﻳﻜﻔﻲ ﺍﻟﺴﺘﺮ ﺑﺎﻷﻟﻮﺍﻥ ﻛﺎﻻﺻﺒﺎﻍ
ﺍﻟﺘﻲ ﻻ ﺟﺮﻡ ﻟﻬﺎ، ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﺑﺠﺮﻡ. ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﺘﺨﺎﻃﺐ
ﻗﺎﻝ ﻉ ﺵ: ﻫﻮ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻣﻨﻊ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﺘﺨﺎﻃﺐ ﻭﻛﺎﻥ ﺑﺤﻴﺚ ﻟﻮ ﺗﺄﻣﻞ ﺍﻟﻨﺎﻇﺮ
ﻓﻴﻪ ﻣﻊ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﻘﺮﺏ ﻟﻠﻤﺼﻠﻲ ﺟﺪﺍ ﻻﺩﺭﺍﻙ ﻟﻮﻥ ﺑﺸﺮﺗﻪ ﻻ ﻳﻀﺮ. ﻭﻫﻮ ﻇﺎﻫﺮ ﻗﺮﻳﺐ. ﻗﻮﻟﻪ: ﻛﺬﺍ ﺿﺒﻄﻪ ﺃﻱ ﺍﻟﺴﺎﺗﺮ ﺍﻟﻤﻌﻠﻮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻴﺎﻕ. ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﺑﺬﻟﻚ ﺃﻱ ﺑﻤﺎ ﻻ ﻳﺼﻒ ﻟﻮﻥ ﺍﻟﺒﺸﺮﺓ ﻓﻲ ﺧﺼﻮﺹ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﺘﺨﺎﻃﺐ.
======
بغية المسترشدين 1/51فائدة:
شرط ساتر العورة أن يمنع إدراك لون البشرة، قال ابن عجيل في مجلس
التخاطب: فلو قرب وتأملها فرآها لم يضر وهو ظاهر، كما لو رؤيت بواسطة نار
أو شمس بحيث لم تر بدونها لمعتدل البصر اهـ ع ش، اهـ جمل. وقال أبو مخرمة:
والمعتمد أنه لا فرق بين مجلس التخاطب ودونه، نعم لو كان لا ترى إلا بحيث
يلصق الناظر عينه بالثوب أو قريباً منه فلا اعتبار به قطعاً اهـ


Pojok Apis Sanangondang 3, sbnernya trtawa dlm shalat yg mnyebabkan btl wudlu appabila keluar suara yg trdiri dua huruf, namun apabila blum sampai 2 hrf hkumnya boleh memutus shalat

الكتاب : تحفة المحتاج في شرح المنهاج ج 2 - الصفحة 98
مصدر الكتاب : موقع الإسلام
قَالَ الْكُرْدِيُّ
قَوْلُهُ وَالْقَهْقَهَةُ
فِي الصَّلَاةِ قَالَ
فِي الْإِيعَابِ
قَضِيَّةُ مَا تَقَرَّرَ بَلْ صَرِيحُهُ جَوَازُ قَطْعِ الصَّلَاةِ وَلَوْ فَرْضًا لِيَتَوَضَّأَ وَلَوْ لَمْ يَظْهَرْ فِيهَا
حَرْفَانِ وَيُوَجَّهُ
بِأَنَّ تَحْصِيلَ الصَّلَاةِ
بِطُهْرٍ مُتَّفَقٍ عَلَيْهِ لَا يَبْعُدُ أَنْ يَكُونَ عُذْرًا
مُجَوِّزًا لِلْقَطْعِ كَتَحْصِيلِ الْجَمَاعَةِ انْتَهَى ا هـ .

Berkata al-Kurdy “keterangan
tertawa dalam shalat, Pengarang al-Ii’aad berkata, melihat redaksi
keterangan diatas
artinya diperkenankan
memutuskan meskipun
shalat fardhu untuk menjalankan
wudhu meskipun tidak keluar darinya dua huruf (batasan ketawa yang
membatalkan shalat),
argumennya adalah
bahwa menjalani shalat dalam keadaan suci adalah suatu keharusan yang
telah disepakati ulama
yang tentunya dapat dijadikan sebuah udzur untuk memutuskan shalat seperti dalam hal memutuskan shalat untuk mendapatkan shalat jamaah.
Tuhfah al-Muhtaaj
II/98


Ighfir Lana Robby point pertama:
Hukum Menahan kentut Makruh, jika hendak melakukan shalat. Apabila dalam
keadaan shalat, menahan kentut hukumnya wajib, karena membatalkan fardlu hukumnya haram. Referensi: فتح المعين هامش إعانة الطالبين الجزء 1 صحـ : 226 مكتبة دار
الفكر) (وَ) كُرِهَ (صَلاَةٌ بِمُدَافَعَةِ حَدَثٍ) كَبَوْلٍ وَغَائِطٍ وَرِيْحٍ
لِلْخَبَرِ اْلآتِيْ
وَِلأَنَّهَا تُخِلُّ
بِالْخُشُوْعِ بَلْ قَالَ جَمْعٌ
إِنْ ذَهَبَ بِهَا بَطَلَتْ وَيُسَنُّ لَهُ تَفْرِيْغُ نَفْسِهِ قَبْلَ الصَّلاَةِ وَإِنْ فَاتَتِ الْجَمَاعَةُ وَلَيْسَ لَهُ الْخُرُوْجُ مِنَ الْفَرْضِ إِذَا طَرَأَتْ لَهُ فِيْهِ وَلاَ
تَأْخِيْرُهُ إِذَا ضَاقَ
وَقْتُهُ وَالْعِبْرَةُ فِي
كَرَاهَةِ ذَلِكَ بِوُجُوْدِهَا
عِنْدَ التَّحَرُّمِ
.وَيَنْبَغِيْ أَنْ يُلْحَقَ بِهِ
مَا لَوْ عَرَضَتْ لَهُ قَبْلَ التَّحَرُّمِ فَزَالَتْ وَعَلِمَ مِنْ عَادَتِهِ أَنَّهَا
تَعُوْدُ إِلَيْهِ فِي الصَّلاَةِ
(قَوْلُهُ بَلْ قَالَ جَمْعٌ إِلَخْ) عِبَارَةُ الْمُغْنِيْ وَنَقَلَ عَنِ الْقَاضِي حُسَيْنٍ أَنَّهُ قَالَ
إِذَا انْتَهَى بِهِ مُدَافَعَةُ
اْلاَخْبَثَيْنِ إِلَى أَنْ يَذْهَبَ
خُشُوعُهُ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ اهـ
 
 
 
 
Kitab Kuning Menjawab

Advertisement


EmoticonEmoticon