Thursday 25 December 2014

Hukum Isteri Minta Cerai Dan Mengusir Suamianya

assalamualaikum mau tny seumpama da pasangan telah mnikah siri trus yg istrinya minta cerai suami tp suami gk mau.. lalu suaminya diusir sma istrix itu gmna hukumnya?

jawaban

 CahBaguz IngnCndryالفقه الإسلامي الجزء 12 صحـ : 392 مكتبة الشاملة الإصدار الثاني مَالِكُ الطَّلاَقِ: يَتَبَيَّنُ مِمَّا سَبَقَ أَنَّ الَّذِيْ يَمْلِكُ الطَّلاَقَ إِنَّمَا هُوَ الزَّوْجُ مَتىَ كَانَ بَالِغاً عَاقِلاً وَلاَ تَمْلِكُهُ الزَّوْجَةُ إِلاَّ بِتَوْكِيْلٍ مِنَ الزَّوْجِ أَوْ تَفْوِيْضٍ مِنْهُ.وَلاَ يَمْلِكُهُ اْلقَاضِيْ إِلاَّ فِيْ أَحْوَالٍ خَاصَّةٍ لِلضَّرُوْرَةِ. Yups. . dari dalil di atas. .yang memiliki hak untuk mencerai itu suami , , sehingga dlm kasus diatas si perempuan statusnya tetap menjadi istri yang sah

Fatih ElMufid Pertama: Kita samakan dl persepsi apa nikah siri itu, di daerah saya nikah siri itu nikah yg sah menurut agama sesuai syarat dan rukunnya cmn tdk didaftarkan ke kua. Jd sah secara agama tp tdk sah secara negara.
Cmn ada dlm perspektif bbrp kajian fiqh nikah siri itu nikah tanpa saksi. Nah. Nikah siri yg dimaksud penanya itu nikah siri yg tdk dicatatkan di kua atau nikah tanpa saksi. Hrs dijelaskan dl.
Yg ke 2: cerai ada 3 cara
1. Talak merupakan hak preogatif suami. Hanya suami yg berhak mentalaq.
2. 3 fasakh dan khuluk. Ke 2 hal ini bisa diupayakan istri dgn melaporkannya ke hakim. Kayak kasus2 artis cewek minta cerai di tv2 itulah. Jd tetap bisa cerai tp yg memutuskan nanti hakim di pengadilan.
Maka yg jadi masalah kalau nikah siri yg dimaksud adalah yg tdk dicatatkan di kua. Mana bisa lapor ke hakim lha negara saja tdk mencatat dan mengakui pernikahannya?
Kitab Kuning Menjawab

Advertisement


EmoticonEmoticon