Bayi Terlahir Dengan Keadaan Terkhitan
assalamu'alaikum uztad/uztadah...
ane mo tanya nih. anak ane laki2(usian 1,5 bln),terlahir dgn kondisi (maaf) kemaluan layakny udah di khitan/sunat/supit. apakh msih wajib dkhitan lgi?
mohon pnjelasanny njeh... matursuwun
NA Kami NerashUke wa'alaikumsalaam
kwajiban khitan itu apabila bayi trlahir belum terkhitan, saya tambah Dikalangan Imam Mazhab terjadi khilaf tentang hukum khitan
1. Pendapat yang kuat didalam mazhab Syafii adalah wajib terhadap laki-laki dan wanita demikian juga pendapat Imam Ahmad dan kebanyakan para ulama salaf.
2. Sunat terhadap laki-laki dan wanita. Ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Malik demikian juga sebagian ulama dalam mazhab Syafii.
3. Wajib pada laki-laki dan sunat pada wanita. Ini adalah pendapat sebagian ulama mazhab syafii.
Dua pendapat terakhir merupakan pendapat yang syaz.
Referensi:
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
: (فرع) الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا
حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع (2)
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في
المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي
رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق
فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق
عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
I`anatut thalibin 4 hal 194 Maktabah syamilah
(ووجب ختان) للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين لقوله تعالى: * (أن اتبع
ملة إبراهيم) * ومنها الختان، إختتن وهو إبن ثمانين سنة، وقيل واجب على
الرجال، وسنة للنساء
ane mo tanya nih. anak ane laki2(usian 1,5 bln),terlahir dgn kondisi (maaf) kemaluan layakny udah di khitan/sunat/supit. apakh msih wajib dkhitan lgi?
mohon pnjelasanny njeh... matursuwun
NA Kami NerashUke wa'alaikumsalaam
kwajiban khitan itu apabila bayi trlahir belum terkhitan, saya tambah Dikalangan Imam Mazhab terjadi khilaf tentang hukum khitan
1. Pendapat yang kuat didalam mazhab Syafii adalah wajib terhadap laki-laki dan wanita demikian juga pendapat Imam Ahmad dan kebanyakan para ulama salaf.
2. Sunat terhadap laki-laki dan wanita. Ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Malik demikian juga sebagian ulama dalam mazhab Syafii.
3. Wajib pada laki-laki dan sunat pada wanita. Ini adalah pendapat sebagian ulama mazhab syafii.
Dua pendapat terakhir merupakan pendapat yang syaz.
Referensi:
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
: (فرع) الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا
حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع (2)
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في
المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي
رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق
فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق
عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
I`anatut thalibin 4 hal 194 Maktabah syamilah
(ووجب ختان) للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين لقوله تعالى: * (أن اتبع
ملة إبراهيم) * ومنها الختان، إختتن وهو إبن ثمانين سنة، وقيل واجب على
الرجال، وسنة للنساء


EmoticonEmoticon