Wednesday, 21 January 2015

Masbuq Saat Shalat Jenazah

di simak di cermati n d jawab ,KISNYAT soalnya..
sholat janazah yg masbuq
ketika kita mulai sholat janazah imam sudah tkbir ke 3,,apakah yg harus kita baca stelah takbir prtma?? apakah doa (ikut pd imam)???ataukah tetap al fatihah???
monggo smuanya

NA Kami NerashUke iki lo klis pendapat2 lintas madzhab, diwoco yooo

Makmum yang terlambat datang dalam berjamaah shalat jenazah, juga disebut makmum masbuq seperti shalat jamaah lainnya. Takbir dalam shalat jenazah sama dengan rakaat dalam shalat yang lain. Dalam kitab Al-Fiqhul Islami wa adillatuh; 2/1525-1526 (Maktabah Syamilah) disebutkan bahwa, para ulama sepakat bahwa makmum masbuq shalat jenazah hendaknya mengikuti imam dalam rukun yang ia temui, lalu setelah imam salam, ia menyempurnakan rukun yang belum ia lakukan hingga salam.

Madzhab Syafi'i, memberikan perincian bahwa makmum masbuq shalat jenazah hendaknya takbiratul ihram lalu membaca fatihah, meskipun pada saat itu imam sudah melakukan takbir selain takbir pertama (takbirotul ihrom). Kemudian, jika imam takbir lagi, sebelum makmum menyelesaikan bacaan fatihah atau bahkan tidak mempunyai kesempatan membaca fatihah, maka si makmum hendaknya ikut takbir, dan bacaan fatihahnya gugur. Jika imam salam, si makmum meneruskan rukun-rukun shalat jenazah yang selanjutnya, hingga salam.

Menurut madzhab Hanafi dan Maliki, makmum masbuq langsung takbiratul ihram, lalu menanti imam melakukan takbir, kemudian takbir bersamanya dan membaca bacaan sesuai dengan apa yang dibaca imam. Setelah imam salam, si makmum menyempurnakan takbir secara langsung tanpa doa kemudian salam. Jika si makmum datang, sementara imam sudah melakukan takbir ke-4, maka ia tidak mempunyai kesempatan lagi untuk berjamaah
shalat jenazah.

Menurut Hanabilah, masbuq langsung takbir dan menyempurnakan takbir yang tertinggal hingga sama dengan jumlah takbir imam, tidak harus menyempurnakan takbir setelah imam salam.
Referensi:
الفقه الإسلامي وأدلته ج 2 ص 1525-1526
اتفق الفقهاء على أن المسبوق يتابع الإمام
فيما لحقه، ويتم ما فاته، ولكن لهم تفصيلات في كيفية الإتمام (1). فقال
الحنفية: المسبوق ببعض التكبيرات يكبر للتحريمة ثم لا يكبر في الحال، بل
ينتظر تكبير الإمام ليكبر معه للافتتاح؛ لأن كل تكبيرة ركعة، كما سبق، ثم
يكبر ما فاته كالمدرك الحاضر، بعد فراغ الإمام، تكبيراً متتابعاً، بلا دعاء
إن خشي رفع الميت على الأعناق. أما لو جاء المسبوق بعد تكبيرة الإمام
الرابعة فقد فاتته الصلاة، لتعذر الدخول في تكبيرة الإمام. وكذلك قال
المالكية: يكبر المسبوق للتحريمة، ثم يصبر وجوباً إلى أن يكبر الإمام، فإن
كبر صحت صلاته، ولا يعتد بها عند أكثر المشايخ، ثم يدعو المسبوق بعذ فراغ
الإمام إن تركت الجنازة، وإلا بأن رفعت والى التكبير بلا دعاء وسلم.
فالمالكية كالحنفية تماماً. وقال الشافعية: يكبر المسبوق ويقرأ الفاتحة،
وإن كان الإمام في تكبيرة أخرى غير الأولى، فإن كبر الإمام تكبيرة أخرى قبل
شروع المأموم في الفاتحة بأن كبر عقب تكبيره، كبر معه، وسقطت القراءة،
وتابعه في الأصح، كما لو ركع الإمام عقب تكبير المسبوق، فإنه يركع معه،
ويتحملها عنه. وإذا سلم الإمام وجب على المسبوق تدارك باقي التكبيرات
بأذكارها. وقال الحنابلة: من فاته شيء من التكبير قضاه متتابعاً، فإن سلم
مع الإمام ولم يقض، فلا بأس وصحت صلاته، أي أن المسبوق بتكبير الصلاة في
الجنازة يسن له قضاء ما فاته منها على صفته، عملاً بقول ابن عمر: إنه لا
يقضي. ولما روي عن عائشة أنها قالت: «يا رسول الله، إني أصلي على الجنازة،
ويخفى علي بعض التكبير؟ قال: ما سمعت فكبري، وما فاتك فلا قضاء عليك» (1).
فإن خشي المسبوق رفع الجنازة، تابع بين التكبير من غير قراءة ولا صلاة على
النبي صلّى الله عليه وسلم ولا دعاء للميت، سواء رفعت الجنازة أم لا. ومتى
رفعت الجنازة بعد الصلاة عليها لم توضع لأحد يريد أن يصلي عليها، تحقيقاً
للمبادرة إلى مواراة الميت، أي يكره ذلك
Kitab Kuning Menjawab

Advertisement


EmoticonEmoticon