Yang Didahulukan Antara Basmalah Dan Salam
assalamu'alaikum mbah kkm yg jombla dan jombli
nanya lagi nih,..
sbenernya yg baik ddahulukan mana sih antara bismilah dan salam??
mkasih ya sbelumnya
met malamm
nanya lagi nih,..
sbenernya yg baik ddahulukan mana sih antara bismilah dan salam??
mkasih ya sbelumnya
met malamm
NA Kami NerashUke ada hal2 yg harus mendahulukan bismilah, namun jg ada bbrapa hal yg tdak dsunnahkan bismilah dulu
ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻻ ﺗﺸﺮﻉ ﻓﻴﻪ ﻓﺴﺘﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻛﻤﺎ ﻳﻔﻴﺪﻩ ﺍﻟﻀﺎﺑﻂ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ: ﺍﻷﻭﻝ ﻣﺎﺟﻌﻞ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻟﻪ
ﻣﺒﺪﺃﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻛﺎﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺫﺍﻥ ﻑﺇﻥ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﺟﻌﻞ ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭﻛﺎﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ
ﻓﺈﻧﻪ ﺟﻌﻞ ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﺎﻛﺎﻥ ﺫﻛﺮﺍ ﻣحﺿﺎ ﻛﻼﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ.
artinya:
Sedang perkara yang tidak disyariatkan diawali dengan basmalah maka terdapat enam bagian
-. Hal yang oleh syara’ ditetapkan keberadaannya diawali dengan selain basmalah seperti shalat,
adzan karena oleh syara’ telah ditetapkan permulaannya memakai takbir, dan seperti haji dan umrah yang
oleh syara’ telah ditetapkan
permulaannya dengan talbiyah.
-. Bukan berupa dzikiran murni seperti kalimat ‘LAA ILAAHA ILLALLAAH
MUMMADAN ROSUULULLAAH,
SUBHAANALLAAH WA BIHAMDIHI.
Hasyiyah husain almaky almaliky 146
. penjelasan tentang salam iyalah ...
Tidak disunahkan membaca basmalah sebelum salam, karena salam itu sebagian dari perkara yang tidak dijalankan dengan membaca bismillah. Dan jika membaca bismillah, maka putuslah kesunatan salam serta kewajiban menjawab salam
(فَصْلٌ) السُّنَّةُ
أَنَّ الْمُسْلِمَ يَبْدَأُ
بِالسَّلاَمِ قَبْلَ كُلِّ
كَلاَمٍ ِلأَنَّهُ تَحِيَّةٌ يَبْدَأُ بِهِ فَيَفُوْتُ بِاْلإِفْتِتَاحِ بِالْكَلاَمِ كَتَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ.
artinya
Yang sunah orang salam itu mulainya sebelum bicara apa-apa …
Salam adalah sebelum berbicara. Karena salam adalah penghormatan yang dibuat permulaan. Sunahnya tidak ada jika sudah dimulai dengan bicara
dahulu. Seperti sunahnya tahuyatul masjid, sebelum melakukan apa-apa"
Al-Adzkar An-Nawawi I/168
ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻻ ﺗﺸﺮﻉ ﻓﻴﻪ ﻓﺴﺘﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻛﻤﺎ ﻳﻔﻴﺪﻩ ﺍﻟﻀﺎﺑﻂ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ: ﺍﻷﻭﻝ ﻣﺎﺟﻌﻞ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻟﻪ
ﻣﺒﺪﺃﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻛﺎﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺫﺍﻥ ﻑﺇﻥ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﺟﻌﻞ ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭﻛﺎﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ
ﻓﺈﻧﻪ ﺟﻌﻞ ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﺎﻛﺎﻥ ﺫﻛﺮﺍ ﻣحﺿﺎ ﻛﻼﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ.
artinya:
Sedang perkara yang tidak disyariatkan diawali dengan basmalah maka terdapat enam bagian
-. Hal yang oleh syara’ ditetapkan keberadaannya diawali dengan selain basmalah seperti shalat,
adzan karena oleh syara’ telah ditetapkan permulaannya memakai takbir, dan seperti haji dan umrah yang
oleh syara’ telah ditetapkan
permulaannya dengan talbiyah.
-. Bukan berupa dzikiran murni seperti kalimat ‘LAA ILAAHA ILLALLAAH
MUMMADAN ROSUULULLAAH,
SUBHAANALLAAH WA BIHAMDIHI.
Hasyiyah husain almaky almaliky 146
. penjelasan tentang salam iyalah ...
Tidak disunahkan membaca basmalah sebelum salam, karena salam itu sebagian dari perkara yang tidak dijalankan dengan membaca bismillah. Dan jika membaca bismillah, maka putuslah kesunatan salam serta kewajiban menjawab salam
(فَصْلٌ) السُّنَّةُ
أَنَّ الْمُسْلِمَ يَبْدَأُ
بِالسَّلاَمِ قَبْلَ كُلِّ
كَلاَمٍ ِلأَنَّهُ تَحِيَّةٌ يَبْدَأُ بِهِ فَيَفُوْتُ بِاْلإِفْتِتَاحِ بِالْكَلاَمِ كَتَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ.
artinya
Yang sunah orang salam itu mulainya sebelum bicara apa-apa …
Salam adalah sebelum berbicara. Karena salam adalah penghormatan yang dibuat permulaan. Sunahnya tidak ada jika sudah dimulai dengan bicara
dahulu. Seperti sunahnya tahuyatul masjid, sebelum melakukan apa-apa"
Al-Adzkar An-Nawawi I/168
dan hal ini juga pernah dikaji pada suatu forum dg rumusan sbb:
Pertanyaan :
Bagaimanakah hukum salam yang di ucapkan setelah basmalah ?, mengingat ada hadist "kullu amrin dst....."
Jawaban
Hukum membaca bismillah sebelum salam adalah tidak sunah untuk dijawab,
alasanya hukum sunahnya memulai sesuatu dengan mengucapkan bismillah sebagaimana dalam hadits كلّ أمر ذى بال إلخ itu berlaku kalau memang perkaranya bukan dzikir yang murni sebagaimana bacaan ayat al-Qur’an yang dibuat dzikir sehingga kalau nanti perkara itu adalah asalnya untuk dzikir maka tidak sunah memulainya dengan bacaan bismillah padahal
mengucapkan salam itu asalnya memang untuk dzikir oleh karenanya kalau didahului dengan bacaan bismillah maka itu termasuk mendahului dengan kalam yang punya pengaruh hukum tidak sunah dijawab. Dengan ibarot sebagai berikut :
ومنها أن يبدأ كل مسلم منهم بالسلام قبل الكلام ويصافحه عند السلام قال
النبى من بدأ بالكلام قبل السلام فلا تجيبوه حتى يبدأ بالسلام .اهـ إحياء
علوم الدين الجزء الثانى ص 200 باب حقوق المسلم
والمراد بالأمر ما
يعم القول كالقرأة والفعل كالتأليف, ومعنى ذى بال أى صاحب حال بحيث يهتم به
شرعا أى بأن لا يكون من سفاسف الأمور وليس محرما ولا مكروها. ويشترط أيضا
أن لا يكون ذكرا محضا ولا جعل الشارع له مبدأ غير البسملة والحمدلة, وخرج
ما جعل الشارع له مبدأ غير البسملة والحمدلة كالصلاة فلا يبدؤ بالبسملة ولا
بالحمدلة بل بالتكبير مثلا.اهـ
تحفة المريد على جوهر التوحيد ص 3.
ويشترط ان لايكون ذلك الامر ذكرا محضا بان لم يكن ذكرا أصلا أو كان ذكرا
غير محض كالقرآن فتسن التسمية فيه بخلاف الذكر المحض كلا إله إلا الله. وان
لا يجعل له الشارع مبتدأ غير البسملة والحمدلة كالصلاة فإنه جعل لها مبتدئ
غير البسملة والحمدلة وهو التكبير.اهـ
الباجورى الجزء الأول ص 11.
Pertanyaan :
Bagaimanakah hukum salam yang di ucapkan setelah basmalah ?, mengingat ada hadist "kullu amrin dst....."
Jawaban
Hukum membaca bismillah sebelum salam adalah tidak sunah untuk dijawab,
alasanya hukum sunahnya memulai sesuatu dengan mengucapkan bismillah sebagaimana dalam hadits كلّ أمر ذى بال إلخ itu berlaku kalau memang perkaranya bukan dzikir yang murni sebagaimana bacaan ayat al-Qur’an yang dibuat dzikir sehingga kalau nanti perkara itu adalah asalnya untuk dzikir maka tidak sunah memulainya dengan bacaan bismillah padahal
mengucapkan salam itu asalnya memang untuk dzikir oleh karenanya kalau didahului dengan bacaan bismillah maka itu termasuk mendahului dengan kalam yang punya pengaruh hukum tidak sunah dijawab. Dengan ibarot sebagai berikut :
ومنها أن يبدأ كل مسلم منهم بالسلام قبل الكلام ويصافحه عند السلام قال
النبى من بدأ بالكلام قبل السلام فلا تجيبوه حتى يبدأ بالسلام .اهـ إحياء
علوم الدين الجزء الثانى ص 200 باب حقوق المسلم
والمراد بالأمر ما
يعم القول كالقرأة والفعل كالتأليف, ومعنى ذى بال أى صاحب حال بحيث يهتم به
شرعا أى بأن لا يكون من سفاسف الأمور وليس محرما ولا مكروها. ويشترط أيضا
أن لا يكون ذكرا محضا ولا جعل الشارع له مبدأ غير البسملة والحمدلة, وخرج
ما جعل الشارع له مبدأ غير البسملة والحمدلة كالصلاة فلا يبدؤ بالبسملة ولا
بالحمدلة بل بالتكبير مثلا.اهـ
تحفة المريد على جوهر التوحيد ص 3.
ويشترط ان لايكون ذلك الامر ذكرا محضا بان لم يكن ذكرا أصلا أو كان ذكرا
غير محض كالقرآن فتسن التسمية فيه بخلاف الذكر المحض كلا إله إلا الله. وان
لا يجعل له الشارع مبتدأ غير البسملة والحمدلة كالصلاة فإنه جعل لها مبتدئ
غير البسملة والحمدلة وهو التكبير.اهـ
الباجورى الجزء الأول ص 11.


EmoticonEmoticon