Lobang Hidung Dan Mulut Tidak Wajib dibasuh Ketika Mandi Besar
assalamu'alaikum
ustadz
saya mau tanya nih
apakah lubang hidung dan mulut termasuk anggota yg wajib dibasuh ketika mandi besar
trims,.
CahBaguz IngnCndry betul yang disampaikan Ibni Abi Ubaidah , lubang hidung dan mulut itu meskipun tampak dari luar, tidak wajib dibasuh, karena termasuk anggota batin , , ni dalilnya , ,
وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ بِمَا صُورَتُهُ الْفَمُ وَالأَنْفُ لا يَخْلُو إمَّا أَنْ يَكُونَا مِنْ الظَّاهِرِ أَوْ الْبَاطِنِ فَإِنْ كَانَا مِنْ الظَّاهِرِ فَلِمَ لَمْ يَجِبْ غَسْلُهُمَا فِي الْوُضُوءِ وَالْغُسْلِ وَلَمْ يُفْطِرْ إذَا ابْتَلَعَ رِيقَهُ مِنْهُمَا وَإِنْ كَانَا مِنْ الْبَاطِنِ فَلِمَ يَجِبُ غَسْلُهُمَا إذَا تَنَجَّسَا وَيُفْطِرُ الصَّائِمُ إذَا تَقَايَأَ وَوَصَلَ الْقَيْءُ إلَيْهِمَا وَلَمْ يُجَاوِزْهُمَا ثُمَّ رَجَعَ مِنْهُ شَيْءٌ لِلْجَوْفِ عَمْدًا ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ هُمَا مِنْ الْبَاطِنِ إلا فِي مَسَائِلِ النَّجَاسَةِ بِالنِّسْبَةِ لِوُجُوبِ الْغُسْلِ وَالإِفْطَارِ وَنَحْوِهِمَا وَالْفَرْقُ أَنَّ النَّجَاسَةَ أَغْلَظُ وَأَفْحَشُ فَمِنْ ثَمَّ وَجَبَ غَسْلُهَا حَيْثُ سَهُلَ وَإِنْ كَانَتْ فِي مَحَلٍّ مَحْكُومٍ عَلَيْهِ أَنَّهُ مِنْ الْبَاطِنِ فَجُعِلَ بِالنِّسْبَةِ لَهَا ظَاهِرًا لِسُهُولَةِ ذَلِكَ مَعَ فُحْشِهَا وَغِلَظِهَا اهـ
الفتاوى الفقهية الكبرى الجزء 1 صحـ : 53 مكتبة الإسلامية
Mohd Fazel Sunat memasukkan air ke dlm mulut & hidung kemudian mengeluarkannya swkt wudhuk dan mandi wajib, malah jadi muakkad krn ada mazhab lain spt Imam Ahmad yang mewajibkan. Ini msk dalam kaedah fiqh "keluar drp khilaf"
Imam Syafie: Aku tidak menyukai seseorang itu, meninggalkan berkumur-kumur dan memasukan air ke dalam hidung ketika mandi janabah. Tetapi kalau tidak dibuat kedua-duanya, mandi janabahnya tetap sah. (Al-Umm)
Ahmad Al-ngapakiy he eh tapi kalo lagi puasa nantinya kan makruh masbro
Mohd Fazel Tidak makruh. Hanya makruh bila (mubalaghah) berlebih air atau berlebihan daripada tiga kali dengannya. Rujukan, Sabilal Muhtadin: "Adapun jika dia puasa, maka makruh baginya mubalaghah pada keduanya (berkumur dan memasukkan air ke dlm hidung) kerana takut terlancar air kepada kerongkongnya atau kepada otaknya, maka jadi batallah puasa dengannya."
ustadz
saya mau tanya nih
apakah lubang hidung dan mulut termasuk anggota yg wajib dibasuh ketika mandi besar
trims,.
CahBaguz IngnCndry betul yang disampaikan Ibni Abi Ubaidah , lubang hidung dan mulut itu meskipun tampak dari luar, tidak wajib dibasuh, karena termasuk anggota batin , , ni dalilnya , ,
وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ بِمَا صُورَتُهُ الْفَمُ وَالأَنْفُ لا يَخْلُو إمَّا أَنْ يَكُونَا مِنْ الظَّاهِرِ أَوْ الْبَاطِنِ فَإِنْ كَانَا مِنْ الظَّاهِرِ فَلِمَ لَمْ يَجِبْ غَسْلُهُمَا فِي الْوُضُوءِ وَالْغُسْلِ وَلَمْ يُفْطِرْ إذَا ابْتَلَعَ رِيقَهُ مِنْهُمَا وَإِنْ كَانَا مِنْ الْبَاطِنِ فَلِمَ يَجِبُ غَسْلُهُمَا إذَا تَنَجَّسَا وَيُفْطِرُ الصَّائِمُ إذَا تَقَايَأَ وَوَصَلَ الْقَيْءُ إلَيْهِمَا وَلَمْ يُجَاوِزْهُمَا ثُمَّ رَجَعَ مِنْهُ شَيْءٌ لِلْجَوْفِ عَمْدًا ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ هُمَا مِنْ الْبَاطِنِ إلا فِي مَسَائِلِ النَّجَاسَةِ بِالنِّسْبَةِ لِوُجُوبِ الْغُسْلِ وَالإِفْطَارِ وَنَحْوِهِمَا وَالْفَرْقُ أَنَّ النَّجَاسَةَ أَغْلَظُ وَأَفْحَشُ فَمِنْ ثَمَّ وَجَبَ غَسْلُهَا حَيْثُ سَهُلَ وَإِنْ كَانَتْ فِي مَحَلٍّ مَحْكُومٍ عَلَيْهِ أَنَّهُ مِنْ الْبَاطِنِ فَجُعِلَ بِالنِّسْبَةِ لَهَا ظَاهِرًا لِسُهُولَةِ ذَلِكَ مَعَ فُحْشِهَا وَغِلَظِهَا اهـ
الفتاوى الفقهية الكبرى الجزء 1 صحـ : 53 مكتبة الإسلامية
Mohd Fazel Sunat memasukkan air ke dlm mulut & hidung kemudian mengeluarkannya swkt wudhuk dan mandi wajib, malah jadi muakkad krn ada mazhab lain spt Imam Ahmad yang mewajibkan. Ini msk dalam kaedah fiqh "keluar drp khilaf"
Imam Syafie: Aku tidak menyukai seseorang itu, meninggalkan berkumur-kumur dan memasukan air ke dalam hidung ketika mandi janabah. Tetapi kalau tidak dibuat kedua-duanya, mandi janabahnya tetap sah. (Al-Umm)
Ahmad Al-ngapakiy he eh tapi kalo lagi puasa nantinya kan makruh masbro
Mohd Fazel Tidak makruh. Hanya makruh bila (mubalaghah) berlebih air atau berlebihan daripada tiga kali dengannya. Rujukan, Sabilal Muhtadin: "Adapun jika dia puasa, maka makruh baginya mubalaghah pada keduanya (berkumur dan memasukkan air ke dlm hidung) kerana takut terlancar air kepada kerongkongnya atau kepada otaknya, maka jadi batallah puasa dengannya."
EmoticonEmoticon